Home » » Cara Mencegah Terjadinya Varises Waktu Hamil

Cara Mencegah Terjadinya Varises Waktu Hamil


Salah satu gangguan yang umum pada masa kehamilan adalah varises atau pembesaran vena. Kondisi tersebut tentu akan membuat berkurangnya kepercayaan diri wanita. Tetapi tidak hanya itu, varises bahkan bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti penyumbatan vena.

Luis Navarro, direktur The Vein Treatment Center, New York, mengatakan, kehamilan merupakan faktor percepatan formasi vena terbesar. Ini dipengaruhi dengan peningkatan volume darah dan tekanan yang disebabkan oleh janin yang bertambah besar pada vena terbesar tubuh, yaitu vena cava inferior.

Karena kondisi itulah, tekanan pada vena di bagian tubuh lain, seperti kaki, juga meningkat. Padahal, vena pada kaki sudah bekerja cukup berat untuk mengembalikan darah pada bagian atas tubuh. Ditambah lagi, peningkatan hormon progesteron yang memperlebar vena.

Navarro mengatakan, satu penyebab umum untuk varises adalah lemahnya dinding vena dan katup. Risiko varises juga meningkat seiring bertambahnya usia, berat badan, dan jumlah kehamilan. Namun varises pada kehamilan sebenarnya bisa dicegah dengan cara-cara berikut.

1. Tidur menghadap kiri
Karena vena cava berlokasi pada bagian kanan tubuh, tidur ke arah kiri merupakan cara terbaik agar darah dapat kembali ke arah kanan tubuh.

2. Olahraga
Olahraga merupakan cara terbaik untuk memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Para ahli pun mengatakan, olahraga aman dilakukan saat hamil. Tiga puluh menit atau lebih olahraga moderat setiap hari adalah yang disarankan.

3. Posisikan kaki lebih tinggi
Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung setiap tiga jam akan memperbaiki sirkulasi. Saat berdiri, pastikan Anda tidak bertumpu di satu kaki, dan jangan silangkan kaki saat duduk.

4. Jaga kenaikan berat badan
Kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan varises. Maka pastikan kenaikan berat badan Anda sesuai dengan angka yang disarankan sesuai dengan indeks massa tubuh sebelum hamil.

5. Hindari konstipasi
Konstipasi dapat meningkatkan risiko varises, maka hindarilah hal itu dengan banyak minum banyak air putih, kurangi garam, dan cukup makan makanan kaya serat.

6. Gunakan stoking khusus
Stoking khusus yang lebih ketat pada bagian pergelangan kaki dan lebih longgar di bagian paha akan membantu darah untuk lebih mudah naik sehingga mempermudah fungsi vena.

0 comments:

Posting Komentar